Catatan

Kutu Lappy

Kutu lappy, istilah baru yang entah dari mana tiba-tiba datang dipikiranku pas aku sedang santai-santainya. Mungkin karena kebiasaanku sekarang yang lebih sering menatap lappy daripada hal lain membuat istilah itu muncul. Sebenarnya jauh dari banyanganku aku bisa menjadi seperti ini, seorang kutu lappy. Tak jauh beda dengan kutu buku yang merupakan sebutan bagi seseorang yang gemar membaca buku, kutu lappy bisa juga diartikan sebagai sebutan untuk seseorang yang sering memandang lappy atau bahasa gaulnya laptop. Jika dulu beberapa tetanggaku menyebutku sebagai kutu buku karena kebiasaanku membaca buku (padahal sih yang dibaca novel sama komik) maka aku sekarang dengan suksesnya berhasil menyandang istilah kutu lainnya, yaitu kutu lappy karena sekarang sebagian besar pandanganku tertuju pada lappyku (baca: Tana).

Hampir setiap hari dalam seminggu, tak pernah lepas pandanganku dari lappy. Sehari mulai dari sekitar jam 7.30 AM – 11.00 PM merupakan jadwal rutinku bersamanya. Tapi itu belum dipotong waktu untuk sholat, makan, dan istirahat yang lamanya sekitar 3 – 4 jam. Eits, perlu kalian tahu, banyak hal yang aku lakukan dengan lappyku dalam waktu belasan jam itu. Mulai dari mengerjakan tugas (sering), berselancar di dunia maya(sering), menulis cerita(kadang), atau menonton film (jarang). Banyak hal tentunya yang bisa aku lakukan dengan lappyku. Mungkin karena memang kegiatanku yang terkesan monoton atau karena tuntutan profesi, itulah yang melatarbelakangi keseringanku bersama lappy.

Akhir-akhir ini tugas semakin menumpuk dan dari semua tugas itu mengharuskanku menggunakan lappyku untuk mengerjakannya. Googling menjadi hal yang biasa. Mencari bahan di internet, merangkum, membuat paper, ngoding, dll. Kalau bicara tentang tugas pasti bakal ramai. Oh ya, ada salah satu tugas yang menyita perhatianku melebihi tugas-tugas lainnya, yaitu tugas proyek pemrograman. Ceritanya, aku dan teman sekelompokku mendapatkan tugas membuat aplikasi yang akan digunakan dalam sistem permintaan pembelian di Politeknik Manufaktur Astra. Untuk mengerjakan proyek itu harus melalui proses yang panjang, mulai dari pembagian tim, tema, wawancara user, analisis, desain, dan yang terpenting ngoding. Tantangan pun datang ketika aku dan teman seprojectku mendapatkan tugas membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman C# .NET. Tantangan yang menakjubkan, batinku. Mengingat aku yang kurang begitu menguasai C# membuatku harus berjuang lebih ekstra untuk bisa memahaminya. Maka saat itu pula aku memutuskan untuk memprioritaskan belajar dan mengerjakan proyek dengan bahasa C# bersama lappyku tercinta. Saat itulah aku mulai menambah jam kebersamaan dengan lappyku, yang semula jam 11 PM sudah istirahat, maka jam malam bisa ditambah hingga jam 1.30 PM. Jam malam menyesuaikan dengan perkembangan pemahaman terhadap C#. Akibat keseringanku bersama lappyku mengerjakan C#, membuatku mulai mencintai dan ingin mengenal lebih jauh tentang C#, menuju ke jenjang lebih serius.

Malam ini berbeda, aku memutuskan untuk istirahat walaupun istirahat disini tetap saja memandangi lappy. Namun tidak untuk bersama C#. Sebenarnya bukan karena insiden tadi sore yang membuatku tidak memandang C#. Bagiku insiden tadi sore yang menyebalkan itu hanya sebatas kerikil penguji kesetiaanku dan komitmenku bersama lappy dan C#. Sedangkan yang membuatku belum menyentuh C# sampai sekarang (baca: 8.41 PM) karena aku seang ingin menulis ini. Hehe.. Selain itu seseorang juga memintaku untuk beristirahat dulu mengingat aku yang kurang enak badan. Dia hanya memperbolehkanku memandang C# sampai pukul 10 PM, berarti 1 jam 7 menit lagi.
Oke, aku akan berhenti menulis ini, menutup Ms.Word dan mulai membukan VMWare untuk bertemu dengan C#. Sampai jumpa lagi.

#Kutu Lappy, to be continue…
Ditulis sekitar beberapa bulan yang lalu.. ^^

Leave a Reply

