serabi magang

Shinobi pun KALAH

Image

Seandainya saja mas Hendra punya jurus “Kagebunshin NoJutsu” atau bahasa gampangnya jurus seribu bayangan milik Naruto, pasti saat ini aku sedang sibuk bergelut dengan dunia IIS, PHP, .NET, SQL Server, Moodle, dan antek-anteknya. Sayangnya mas Hendra bukan seorang shinobi yang tinggal di Konoha, mas hendra hanya seorang biasa yang saat ini menjadi atasanku di tempat kerjaku. Walaupun mas Hendra bukan seorang shinobi, namun jangan salah, tugas atau amanat yang mas Hendra emban tak kalah pentingnya dengan tugas seorang shinobi. Kalau salah satu tugas shinobi yaitu menjaga keamanan desa, termasuk menjaga keamanan warga desa Konoha, mas Hendra juga sama. Tugas mas Hendra adalah memastikan semua perlengkapan IT di kantor berjalan dengan baik, memperbaiki kerusakan, apapun itu entah software, hardware, dll. Terkadang mas Hendra juga membuka konsultasi khusus kepada bapak-bapak yang mendapatkan masalah dengan peralatan IT yang dia miliki. Satu lagi yang menjadi tugas mas Hendra yang tak kalah pentingnya yaitu menjaga server. Jika shinobi akan berjuang mati-matian untuk menjaga desa dari ancaman, mas Hendra walaupun tidak sampai mati-matian, juga harus menjaga server dari ancaman-ancaman yang datang. Beberapa hari yang lalu, sempat terjadi pemadaman listrik yang mendadak. Jika biasanya sekitar 10 menit sebelum pemadaman ada pemberitahuan bahwa “Untuk semua karyawan, diberitahukan bahwa telah terjadi pemadaman listrik bla bla bla.. Maka listrik akan kami dari PLN akan pindahkan ke Jenset dalam waktu bla bla bla ..”, saat itu tanpa pemberitahuan apa-apa tiba-tiba listrik seketika padam. Begitu alarm server berbunyi layaknya jeritan warga desa ketika Konoha diserang oleh musuh. Maka seperti Naruto, mas Hendra pun bergegas lari ke ruang server untuk melihat kondisi dan memperbaikinya. Dan lagi-lagi seperti Naruto yang selalu berhasil melaksanakan misinya, mas Hendra juga sukses menjalankan satu tugasnya untuk menjaga server.

Aku sedang menunggu mas hendra, untuk menanyakan salah satu masalah yang aku hadapi. Dua masalah yang aku tidak mengerti, masalah pertama yaitu aplikasiku yang tidak bisa diinstal di server operasional. Gagalnya aplikasi diinstal di server operasional mungkin karena server operasional belum diinstal Visual Studio 2010, padahal jelas-jelas aplikasi ini menggunakan Visual Studio 2010. Namun mas Hendra masih tetap belum mau menginstal VS 2010 itu. Seperti yang aku bilang, karena salah satu tugas mas Hendra adalah menjaga server. Jadi mas Hendra pasti sangat hati-hati untuk menginstal sesuatu di server. Kedua, masih saja masalah install manginstal. Kali ini masih belum bisa menginstal Moodle di server development. Entah apa masalahnya. Padahal jelas-jelas di server development sudah dikonfigurasi agar bisa menjalankan PHP di IIS. Namun masih saja belum bisa. Dua masalah itu, dan dua-duanya belum bisa terselesaikan jika mas Hendra belum turun tangan. Sedangkan mas Hendra saat ini sedang banyak kerjaan. Ada sekitar 4 CPU yang mengerubungi meja kerja mas Hendra. Mereka datang dari departemen yang berbeda. Namun punya satu kesamaan, yaitu datang dengan keadaan sakit dan pulang dengan keadaan sehat. Memangnya mas Hendra dokter apa suruh sembuhin yang sakit? Ops, mas Hendra bukan dokter. Mas Hendra itu disini jadi Admin server sama jadi satu-satunya MIS di kantor. Keren ga tuh? Keren banget pasti, dan pasti banyak banget kerjaannya. Namun walaupun super duper sibuknya, mas Hendra sama sekali tidak pernah mengeluh. Selalu mengerjakan semuanya dengan baik. Oh ya, mas Hendra juga jadi salah satu dosen di sini. Dan yang membuatku salut, setelah tahu sebetapa sibuknya mas Hendra, mas Hendra tetap selalu ontime saat menjadi dosenku dulu. Bener-bener atasan yang handal.

Balik lagi ke tugasku. Yah, sampai sekarang aku masih menunggu mas Hendra. Hari ini memang tidak maksimal. Tak apa. Mengingat temanku yang sedang terkapar dan mas Hendra yang begitu sibuk, sebaiknya hari ini memang tidak maksimal. Aku saat ini sedang menulis cerita ini ketika mas Hendra mondar-mandir kesana kemari memenuhi panggilan bapak-bapak yang minta bantuan untuk memperbaiki printer, mensetting internet, dll. Mas Hendra kembali duduk, dan beberapa menit kemudian satu hal yang membuatku terharu, ketika mas Hendra berkata “Mas Radix, untuk .NET VS 2010 itu pakai framework berapa ya?” dan mas Radix pun menjawab “Pakai framework 4 mas.” Oh my, ditengah-tengah kepungan CPU yang menantinya dan banyaknya form permintaan perbaikan yang ada di mejanya, mas Hendra masih tetap meluangkan waktunya untuk membantuku dan temanku agar bisa menginstal aplikasi. Kalau kayak gini shinobi kalah sama mas Hendra. Dan mas Hendra ga perlu kagebunshin nojutsu lagi. Karena walaupun mas Hendra ga punya kagebunshin nojutsu mas Hendra tetap bisa melakukan semua tugasnya dengan baik, termasuk membantuku. Aku akan sabar menunggu..

Mas Hend, FIGHTING..!!!

11.40 Waktu Tana

Meja kerja ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s