serabi magang

A Perl, akan semanis APEL

Image

Sedang semangat-semangatnya buka dan praktekin cara install otrs. Udah bikin database di database server development, install perl udah. Nah, lagi-lagi ketemu sama hal yang bikin bingung yaitu di langkah ketiga proses instalasi. Langkah ketiga itu adalah instal modul tambahan perl dengan ppm atau cpan biar otrsnya bisa berjalan dengan baik. Nah, sebelumnya perlu kalian tau, singkatnya perl merupakan bahasa pemrograman dengan kemampuan utama untuk melakukan berbagai jenis pemrosesan teks  (http://www.master.web.id/mwmag/issue/01/content/tutorial-perl-1/tutorial-perl-1.html). Sedangkan PPM ( Perl Package Manage ) merupakan suatu utilitas yang berguna untuk mempermudah dalam mencari, menginstal, upgrade, dan menghapus suatu paket perangkat lunak, dalam hal ini yaitu paket perl (http://search.cpan.org/~murray/PPM-2.1.3/bin/ppm.pl). Aku pun mulai menjalankan langkah ketiga itu, mulai menginstal modul  tambahan dengan PPM yang sintaksnya ppm install My::Module di command prompt (cmd). Tapi sebelumnya harus dicek dulu mana modul yang belum diinstal. Caranya dengan masuk directory dimana folder otrs itu berada. Kalau aku sih naruhnya di C. Jadi pertama itu buka cmd, abis itu tulis perl bin\otrs.CheckModules.pl, tunggu beberapa saat, maka keluarlah daftar modul yang udah OK diinstal dan yang belum diinstal. Nah untuk menginstalnya, aku pake sintaks yang tadi aku tulis. Pertama aku coba buat nginstal Crypt::SSLeay. Jadi di cmd aku tulis ppm install Crypt:SSLeay. Dan saat itulah kebingungan mulai hinggap, yah ketika muncul tulisan yang tidak seperti harapan. Tulisan itu berbunyi “Downloading activestate package repository packlist…failed 500 cannot connect to ppm4.activestate.com:80<10065>”. Alamaaak, tanda-tanda buruk ini. -,-‘’

Seperti jaman-jaman dahulu kala, setiap menemukan masalah yang kita tidak mengerti, maka langkah pertama yang kita lakukan yaitu mencari jawaban ke sumber yang ada. Tentu saja Google menjadi sumber pertama tempat mencari jawaban itu. Mulai deh melakukan searching-searching. Tulis pesan errornya di kolom pencarian Google, lalu klik tombol Search. Beberapa detik kemudian muncullah banyak judul artikel yang terkait dengan topik yang aku tulis. Baca, baca, baca. Satu per satu mulai aku baca, namun sampai saat ini ( baca: 2.02 PM ) masih belum menemukan cara untuk memecahkan permasalahan itu. Ckckck. Mulai bosan dan cape karena dari tadi baca artikel-artikel yang panjang dan pakai bahasa Inggris lagi. Dan akhirnya, aku memutuskan untuk istirahat terlebih dahulu. Membuka blog dan melihat-lihat tulisanku. Aku pun melihat jumlah postinganku per bulan, hasilnya paling banyak posting tiap bulan tidak lebih dari 5 postingan. Begitupun bulan ini, bulan Februari postinganku masih belum beranjak dari angka 5. Karena terdorong untuk menambah postingan bulan ini, dan karena ada topic yang bisa dibuat cerita maka akupun memutuskan untuk menulis sambil melanjutkan pencarianku tentang si PPM itu.

Iseng buka server operasional, seperti kasus moodle kemaren. Di server operasional, si otrs udah terinstal dengan baik dan bisa berjalan dengan baik pula. Lalu kenapa aku harus repot-repot install di development? Nah, kalau itu aku nurut aja apa yang disuruh sama Huper Man. Kata Huper Man, aku dan si Monder Woman harus nyoba install di development dan konfigurasi semuanya disana. Biar kami nambah ilmu gitu. Kalau di development udah lancar jaya, barulah serah terima otrs yang di operasional dilakukan, artinya, kami mulai boleh mengotak-atik otrs yang di operasional. Aku mulai mengecek dan menyamakan apapun yang ada di server operasional dan development yang berkaitan dengan otrs, Active Perl (perl), CPAN, PPM, proxy. Dan setelah beberapa jam membandingkan satu dengan yang lain, beberapa kali Log in dan Log out server akhirnya aku menemukan satu perbedaan yang mencolok, yaitu OPENSSL. Itu aku dapatkan ketika mengecek program-program yang sudah diinstal di server operasonal. Mulailah aku bertanya-tanya, apa itu OPENSSL? Apa ada hubungannya sama si CPAN, PPM, Perl ?

Lalu aku pun melihat ke PPM, namun kali ini bukan daric md melainkan dari GUI. Caranya di All Programs -> Active Perl -> Perl Package Manager, akan menampilkan daftar modul yang sudah diinstal di perl. Nah, aku kemudian mengetikkan satu nama di pencarian, yaitu Crypt :: SSLeay. Beberapa saat kemudian ada keterangan kalau Crypt itu udah diinstal, alamat web sumber instalan, dan keterangan-keterangan lain. Namun ada satu hal yang menyita perhatianku yaitu disana ada tulisan OPENSSL. Hemm, aku pun semakin penasaran mencari hubungan antara OPENSSL dengan perl. Semoga saja mereka berhubungan. Hehe

Aku menyelesaikan tulisanku pukul 3.09, dan sekarang sedang sibuk mencari latar belakang si OPENSSL. Semoga saja pencarian ini membuahkan hasil yang baik dan memberikan pencerahan bagiku. Ada satu kalimat bagus..

Jika hari ini aku belum bisa menaklukanmu, A Perl (Active Perl). Maka, besok aku akan melakukannya, dan jika saat itu tiba, akan menjadi saat-saat yang manis, semanis Apel.

#ga nyambung yaah.. sedikit maksa biar sesuai sama judulnya.. Haha

3.09 PM waktu tana

2/13/2013

Meja kerjaku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s