serabi magang

Thank You, Perl

Kembali lagi bersama aku dan sederet pesan error HTTP 404 File directory not found. Setelah kemarin sempat berdamai dan menikmati manisnya menginstal Perl. Sekarang aku kembali dihebohkan dengan menginstal OTRS. Oh ya, kemarin untuk kasus menambahkan modul ke Perl, itu sebenarmya tidak sama sekali berhubungan dengan OPENSSL. Setelah melalui berbagai rangkaian proses untuk memahami cara menambah modul ke Perl, akhirnya aku melakukan langkah terakhir yaitu menginstal Perl baru. Berikut aku ceritakan langkah-langkah yang aku dapatkan dari Google dan aku lakukan untuk menyelesaikan tugas ini :

  1. Kata HuperMan, harus setting proxy biar si servernya bisa konek internet. Udah tuh di setting.
  2. Aku coba lagi tulis ppm install Crypt:SSLeay di cmd, tapi masih aja keluar pesan “Downloading activestate package repository packlist…failed 500 cannot connect to ppm4.activestate.com:80<10065>”.
  3. Baca, baca, baca dan kata si Google suruh setting http:proxy, http:user, http:password.
  4. Udah tuh disetting, semuanya lengkap. Tapi masih aja ga bisa. Terus kepikiran deh, buat nyoba buka ppm4.activestate.com.
  5. Nah abis itu nyoba download Crypt::SSLeay dari sana secara manual. Tapi ternyata pas didownload ga bisa. Kemudian, aku daftar jadi member, nyoba lagi download tapi tetep aja gagal. Pas dilihat-lihat ternyata yang bisa download modul itu Cuma yang anggota Entreprise Bussines, selain itu ga bisa. Karena download manual aja ga bisa, berarti download dari cmd juga ga bisa pastinya.
  6. Semua cara yang ada dipikiranku udah dicoba semuanya, dan satupun ga ada yang berhasil. Sempet bingung dan hampir menyerah. Tiba-tiba datang satu ide cemerlang, yaitu install ulang Perl tapi pake Perl yang punya HuperMan. Kan awalnya aku install Perl yang aku download sendiri, versi 5.16.2 sedangkan punya HuperMan versi 5.16.1. Menurutku sih ga ada bedanya yang signifikan, paling juga beda-beda dikit. Tapi setelah aku install Perl yang punya HuperMan (v5.16.1) ternyata permasalahan itupun terselesaikan. Nah, dari situ aku tahu, mungkin Perl yang punyaku itu Perl buat yang Enterprise Bussines Edition sedangkan yang punya HuperMan itu Open Source. Kemungkinan sih kayak gitu alasannya. Apapun itu yang penting menambahkan modul untuk Perl berhasil terlaksana.

Begitulah ceritaku dalam kisah menambahkan modul untuk Perl. Singkat kan? Banget. Cuma pas dalam kondisi itu, rasanya lama banget buat bisa berhasil. Seandainya saja dari awal aku pakai Perl yang dari HuperMan, pasti ga bakalan nemu masalah kayak gitu. Tapi, untung banget pas pertama instal aku ga pake Perl dari HuperMan, kenapa? Karena dengan kesalahan yang ada, bisa membuat aku belajar hal-hal baru. Aku jadi tahu sedikit seluk beluk Perl dan modul Perl. Semua memang ada hikmahnya. Perl, be nice, make us proud of you.. Smile

 Image

2/18/2013

10.35 AM

Meja Kerjaku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s