giveaway

Kejutan dari Alloh

“Saya seorang mahasiswa tingkat akhir yang saat ini sedang dalam proses penyusunan Tugas Akhir. Saya kuliah di Politeknik Manufaktur Astra, magang di Politeknik Manufaktur Astra dan insyaAllah setelah lulus saya akan bekerja di . . . ”

Saya serahkan sepenuhnya kepada Alloh untuk mengganti . . .Β  diatas dengan beberapa kata yang indah. Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman saya selama tingkat tiga (saya bentar lagi lulus nih) :D. Tingkat tiga di kampusku dipenuhi dengan kejadian-kejadian yang lain daripada tingkat-tingkat sebelumnya. Diawali dengan pembagian tempat magang yang punya cerita tersendiri bagiku.

Aku dan teman sekelasku mengikuti seleksi penerimaaan mahasiswa magang (udah kaya penerimaan maba aja) di salah satu perusahaan besar di Indonesia yang letaknya di sebelah kampusku. PT Astra Internasional saat itu sedang membuka lowongan untuk mahasiswa magang di bagian CIS&T (Corporate Information System and Techology). Baru dengar namanya aja udah bilang kalau keren banget. Ga main-main, untuk bisa magang kita dihadapkan dengan dua seleksi, pertama seleksi tertulis dan kedua interview user. Di seleksi tertulis ini alhamdulillah aku bersama sembilan temanku lainnya berhasil melakukannya dengan baik sehingga kami diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi interview. Di seleksi interview inilah semua rencana Alloh dimulai. Aku berharap bisa lolos seleksi interview, siapa sih yang ga mau magang disana? Bisa bekerja dilingkungan IT banget, ketemu orang-orang yang udah kelas kakap lah, tentu banyak banget ilmu yang bisa saya dapatkan. Namun, harapan tinggal harapan ketika Alloh berkehendak lain. Dari sepuluh orang yang masuk tahap seleksi interview, hanya empat orang yang berhasil diterima. Baiklah, kecewa, nangis biasa tapi aku harus menerima.

Aku sempat ragu ketika teman-temanku mengirimkan berkas pendaftaran untuk menjadi mahasiswa magang dan sekaligus calon karyawan di kampusku (Polman Astra). Aku sempat ragu karena aku sebenarnya tidak ingin magang di kampusku. Entah kenapa aku ingin sesuatu yang baru. Namun, mendengar kata temanku “Kalau ada kesempatan kita harus coba, toh yang nentuin Alloh kan ketrima apa ga.” aku pun mengirimkan CV ke HRD kampus, bersama CV teman-temanku. Selang beberapa hari, aku menerima telepon dari HRD kampus untuk melakukan interview bersama dengan satu orang temanku, dia teman dekatku yang juga teman sekamarku di kosan πŸ™‚

Berbekal hasil seleksi dari CIS&T itulah yang menjadi alasan pihak kampus memanggilku dan temanku (baca: Unni), dan kami pun mengikuti seleksi untuk menjadi mahasiswa magang yang sekaligus bisa menjadi karyawan di kampusku. Beberapa tahap seleksi telah kami lalui, mulai dari interview dengan dosen kami, sekprod, bahkan temanku telah melakukan interview dengan HRD. Namun ternyata Alloh lagi-lagi memberiku dan temanku kejutan, ketika pihak kampus tidak segera memberikan kepastian tentang waktu kami bisa mulai magang. Kami pun mulai menanyakan hal tersebut kepada sekprod dan HRD kampus. Entah apa yang sebenarnya terjadi tapi akhirnya kami tahu bahwa ada sedikit permasalahan sehingga tahapan seleksi kami untuk sementara dihentikan dan kami harus menerima bahwa kami disini hanya sebagai mahasiswa magang, bukan sebagai mahasiswa magang yang juga calon karyawan. Lagi-lagi kecewa, sakit hati, sebel yang ga ketulungan namun aku harus bisa menerima.

Kekecewaan itu tidak membuatku dan temanku larut dalam kesedihan. Justru itu membuatku dan temanku termotivasi bahwa kami harus melakukan yang terbaik ketika magang disini. Kami harus menunjukkan kemampuan kami yang sebenarnya. Itu yang menjadi niatan kami. Kami pun melakukannya dengan baik. Selama dua bulan pertama magang kami mendapatakan tugas untuk membuat dan mengimplementasikan lima aplikasi. Tugas yang berat memang, apalagi beberapa aplikasi diantaranya adalah aplikasi baru yang kami belum pernah pelajari. Namun dengan tekad bulat kami berusaha sebaik mungkin hingga kelima aplikasi tersbut berhasil kami selesaikan. Sekarang kami sedang mendapatkan tugas untuk membuat aplikasi pendaftaran online, berat juga namun lagi-lagi kami harus menyelesaikannya. Pembuktian diri bahwa kami memang bisa.

Selama magang banyak sekali kejadian lain yang aku alami, menyangkut kegiatan mencari kerja. Sebagai salah satu Politeknik dibawah Yayasan Pendidikan Astra tentunya kampusku sedikit mendapat perlakukan spesial dari saudara-saudaranya (baca: Astra Group). Beberapa perusahaan yang tergabung di Astra Group sudah mulai membuka lowongan pekerjaan untuk kami mahasiswa tingkat akhir Polman Astra. Walaupun belum lulus kami bisa mengikuti seleksi dan jika kami diterima maka mereka bersedia menunggu kami lulus baru kami bekerja. Enak kan?

Aku dan temanku (Unni) pun mengikuti seleksinya. Mulai dari seleksi AHM, ADM, AISIN, AKEBONO. Beberapa tahap seleksi telah behasil kami lewati. Bukan dengan mudah kami melewatinya. Hampir setiap hari Sabtu dalam sebulan berturut-turut kami harus mengikuti seleksi psikotes. Belum lagi kami harus menyempatkan diri mengikuti seleksi interview yang tempatnya menyesuaikan perusahaan yang mengadakan seleksi. Bahkan kami pernah dengan susah payah sekuat tenaga pergi ke Cikarang untuk mengikuti interview user di PT AISIN. Bukan suatu perjuangan yang mudah, namun berhasil kami lewati dengan baik.Β  Aku dan temanku hanya melewati perjuangan dengan baik, namun hasil yang kami dapatkan belum sebaik perjuangan yang kami lakukan. Dari ke empat perusahaan yang kami ikuti seleksinya, belum satupun yang menerima kami. Ada beberapa alasan yang membuat kami tidak diterima, diantaranya: perusahaan lebih membutuhkan cowok dari pada cewek, perusahaan belumΒ  melakukan tahapan seleksi selanjutnya (kami digantung, lolos seleksi namun belum diinformasikan untuk seleksi tahap selanjutnya).

Kenyataan memang terkadang tidak sesuai dengan harapan, itu yang membuat kamiΒ  ‘menggalau’. Menggalau merupakan istilah yang kami buat untuk kegiatan refreshing ala kami. Kami biasanya mengeluarkan sedikit uang tabungan untuk jajanΒ  di McD ataupun di mall membeli kerudung. Kami sangat menikmati saat-saat menggalau. bahkan sering kami mengalami kejadian lucu ketika menggalau. temanku telah menuliskannya di blognya.

Minggu ini sudah merupakan minggu tenang, kenapa? Karena belum ada perusahaan yang membuka lowongan perkerjaan jadi kami lebih bisa fokus mengerjakan TA dibandingkan memikirkan tentang mencari pekerjaan. Namun diminggu ini lagi-lagi Alloh memberikan kejutan untuk kami. Pagi ini staff HRD kampusku mendatangi meja kami. Dia mengatakan bahwa kepala HRD kampusku ingin bertemu kami. Begini singkatnya perbincanganku dan temanku dengan kepala HRD “Kami berharap kamu mau bergabung dengan Polman Astra, untuk sementara kamu bisa fokus dulu di TA. Namun kalau kamu mau setelah lulus kamu langsung bisa bergabung bersama kami, menjadi karyawan disini. Kamu langsung diterima. Gimana senang tidak?”Aku menjawab “Iya, terima kasih bu”.

Itulah kejutan yang Alloh berikan kepadaku dan temanku di minggu ini. Dari rentetan peristiwa yang aku alami baik itu peristiwa sedih, kecewa, sebel, dan yang lain namun Alloh pasti akan memberikan sesuatu yang indah pada akhirnya. Walaupun sampai sekarang aku dan temanku belum memutuskan untuk bergabung atau tidak di kampusku, setidaknya kami sudah mempunyai tempat berlabuh yang akan selalu terbuka pintunya untuk kami. Dan itu membuat kami bersyukur atas apa yang diberikan Alloh kepada kami. Sekarang kami sedang fokus mengerjakan TA dan kami tetap ingin mengikuti seleksi di perusahaan lain (Bahkan kami kemarin mencoba mendaftar di Trans 7). Semoga semuanya bisa kamu kerjakan dengan lancar. Satu lagi, kami selalu siap menunggu kejutan lain yang Alloh berikan kepada kami. Salah satunya tulisan Alloh yang mengisi . . . kosong di awal tulisanku ini. Alloh selalu sayang sama kami πŸ™‚

Note:

Ditulisan ini lebih sering menggunakan kata “kami” daripada “aku” karena aku mengalami banyak peristiwa ini bersama seseorang yang entah kenapa selalu ingin bersamaku, seseorang itu telah menjadi

teman sekamarku, teman sekelasku, teman se IPK (IPK kami sama), teman seorganisasi, teman magang, teman seprojek TA, teman sebangku pas di kantor, teman nongkrong, teman menggalau, teman ngeblog, teman seperjuangan nyari tempat kerja, teman yang punya masalah sama dengan masalahku, teman yang jamnya sama, teman yang kerudungnya sama dll (aku baru sadar aku sama barengan terus yah udah kaya apa aja)

Partisipan GA All About You
Mau pamer sedikit yah, fotoku di tempat magangku ^^
Photo0239
Advertisements

32 thoughts on “Kejutan dari Alloh”

  1. selamaaat yaa!!
    kemenangan pertama nih, semoga bukan kemenangan terakhir yah.. πŸ˜‰
    terus nulis dan terus berekspresi, asal jgn nulis yg galau-galau aja, hehehe πŸ˜€

  2. maaf kak mau nanya gimana sih peluang kerja dari lulusan polman astra? dan maksud dari beasiswa unggulan itu gimana ya kak? apa aja sih yg di bebas biaya kan?

    1. Oh iya dek.. Menurutku kalau peluang kerjanya bisa dibilang banyak dek untuk kerja di astra grup soalnya kita dapet kesempatan ikut tes di astra grup dan informasi tesnya lebih cepat disebarkan dari kampus jadi ga ribet kalo nyari informasi ttg tes

      Tp lulusan polman juga ada yg memutuskan ga kerja di astra. Tergantung pribadi msg”.

      Untuk beasiswa unggulan setauku dibebaskan uang gedung dek.

      Kamu keterima di polman ya?
      Kalo mau nanya lagi bisa email aku ya di adininggarkhintana@gmail.com biar balasnya cepet hehe

  3. assalamu’alaikum kak
    kak saya mau nanya tentang polman dan prospek kedepannya kak, bisa ? saya alhamdulillah keterima di polman astra kak

    1. bisa dek.. kalau untuk prospek kerjanya intinya kita dimudahkan utk daftar dan tes di Astra group krn banyak dpt info.. Tp diterima atau tidaknya tergantung pribadi masing2 dek.. kalau memenuhi syarat insyaAllah diterima. Untuk kuliahnya kita SKS nya udah ditentuin kampus, masuk jam 7.30 pulang jam 16.30 πŸ™‚

  4. Assalamualaikum,

    Kak mau bertanya, kalau kuliah di polman astra jalur reguler bisa sambil kerja gak kak? saya pengen sekali kuliah di sana, cuman udah gak bisa masuk ke jalur beasiswa karna udah lewat tahun lulusnya,

    Terimakasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s