giveaway

Sekali Coba Bikin Ketagihan

Lagi sibuk mantengin laptop di meja kantor tempat magang, tiba-tiba si temen ngechat “Gue minta alamat kosan lo dong, gue mau belanja online nih, ntar biar di kirim ke kosan lo aja. Gimana?”. Tanpa pikir panjang aku langsung mengetikkan alamat kosan secara komplit. Beberapa hari setelah itu ketika aku pulang magang, ibu-ibu tetangga ngasih tau kalau ada paket buat aku. Paket itu tak lain dan tak bukan adalah punya temenku. Beberapa minggu setelah itu, ada lagi paket yang dateng ke kosan. Lagi-lagi paket punya temenku.

Awalnya cuma jadi penerima paket, tapi lama-lama penasaran juga dia belanja dimana. Apalagi pas dengerin dia cerita kalau harga barang murah-murah, sering ada diskon, dan dijamin barang dateng dengan baik. Makin penasaran tuh pengen tau dimana dia belinya. Nah, aku langsung nanya ke dia dan dia ngasih tau kalau selama ini dia belinya di qoo10. Mulai deh timbul hasrat buat ngubrk-ubrek qoo10. Siang itu, aku lagi istirahat. Bosen baca berita aku pun iseng buka qoo10 sesuai dengan saran temenku. Aku ketikkan qoo10.com. Dan pas aku liat, ternyata semua yang dikatakan temanku itu bohong. Pas aku liat list barang dan harganya, ternyata ga ada harga yang murah. Semuanya mahaal, super mahal malah. Aku langsung chat temenku, aku bilang “mana yang murah coy? mahal semua ini harganya”. Kata temenku, “Lah, emang lo buka yang mana?”. “qoo10.com”, jawabku polos. Kata dia, “Yee, yang bener qoo10.co.id tau”.

Waduh, ternyata dari tadi aku salah buka. Oke deh akhirnya aku buka yang bener qoo10.co.id, halaman pertama tampilannya aneka macam gambar, seperti gambar baju, cardigan, tas, handphone, dll. Di bawah gambar itu ada tulisan harganya. Harganya itu loh menggiurkan banget. Aku mulai menjelajahi halaman demi halaman, banyak sekali gambar dipajang disana. Akhirnya aku memutuskan untuk memfokuskan pencarianku ke aksesoris wanita dan sepatu (lagi pengen sepatu flat nih). Aku buka halaman sepatu, ada banyak jenis sepatu seperti wedges, flat, sepatu sandal, dll. Beberapa menit melihat, aku akhirnya tertarik pada salah satu sepatu flat. Alasan aku tertariknya itu karena dibandingkan sepatu flat lainnya sepatu ini lebih simpel dan manis dilihatnya, selain itu sepatunya itu paling murah diantara sepatu flat lainnya. Haha (sebenernya ini alasan utamanya). Saking pengennya akhirnya aku mutusin buat beli sepatu itu. Ini pertama kalinya aku belanja online loh. Seumur-umur belum pernah aku belanja online, soalnya takut kalau barangnya ga sesuai dengan harapan. Tapi kali ini aku mutusin buat mencoba belanja online yang kata orang menyenangkan dan bikin ketagihan.

Sebagai bentuk keseriusanku, aku langsung bikin account di qoo10 itu. Aku mulai melakukan transaksi pemesanan barang secara online itu. Aku beli sepatu flat warna biru dengan harga Rp 55.000. Murah banget kan? Oh ya, selain itu aku juga beli dua jam tangan yang masing-masing harganya Rp 20.000. Satu jam tangan untukku dan satu lagi untuk temanku. Beserta ongkir total belanjaanku saat itu senilai Rp 123.000. Horeee, pesanan udah disubmit selanjutnya saatnya mentransfer uang. Setelah uang pembayaran selesai ditransfer dan udah dapet konfirmasi pembayaran akhirnya berarti sekarang tinggal nunggu barang pesenan dateng. Ga sabaat banget ini.

–Dua minggu selanjutnya–
Setelah pesanan pertama itu, setiap hari aku selalu mantengin qoo10 buat ngecek status pesanan. Namun sampe dua minggu ini pesanan statusnya masih ON DELIVERY. Aku ngecek lagi detail status pesanan itu dengan mengklik link cek pemesanan, disitu aku baru tau kalo ternyata pesananku itu vendornya dari China. Oalaaah, ternyata selain ini pertama kalinya aku beli online ini juga pertama kalinya aku beli barang import (berasa orang kaya aja beli baramng import). Udah ga sabar nih liat sepatunya, aku pun nanyain pesananku ke si admin qoo10. Aku kirim pesan ke dia nanyain status pesananku. Kata adminnya pesanan dari luar negeri memang sedikit lama pengirimannya, antara dua sampai tiga minggu. Oke oke admin, aku akan sabar menanti sepatu dan jam tangan importku itu. Hehe

Satu minggu kemudian, akhirnya dateng juga sepatu sama jam tanganku yang sudah aku nanti-nanti itu. Dibungkus dengan rapat dan ditempeli resi. Aku langsung buka bungkusan itu, pas aku liat ternyata alhamdulillah semua pesanan sesuai dengan harapan. Sepatunya pas, walaupun banyak orang ngereview sepatu itu dan bilang kalau ukuran sepatunya kecil. Jam tangannya juga bagus, sesuai dengan harganya. Mulai saat itu aku mulai sering berkunjung ke qoo10. Disana memang surganya belanja online, selain barang-barangnya yang bagus banyak macamnya, harganya juga miring loh. Selain itu ada juga review-review komentar dari pembeli sebelumnya sekaligus rekomendasi dari mereka yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Juga cara pembayarannya yang bisa dilakukan dari beberapa bank, bener-bener membuat ketagihan deh.

Itulah pengalaman pertamaku belanja online. Belanja online ternyata menyenangkan loh. Kenapa? karena kita ga perlu repot-repot ke toko buat beli barangnya, dengan belanja online dari website kita tinggal lihat gambar dan klik buat pesen. Selain itu banyak item yang jenisnya sama jadi bisa banyak pilihan. Misalnya mau beli cardigan, nah kalau misal di toko paling cuma ada sepuluh item cardigan. Sedangkan kalau online, bisa lebih dari sepuluh pilihan cardigan, sepintar-pintarnya kita cari aja. Untuk pembayarannya juga bisa dilakukan dengan cepat, misalnya kita bayar pake transfer via ATM atau langsung bayar pake internet banking. Pokoknya belanja online itu dari proses pemesanan, pembayaran, sampe pengiriman barang itu dapat dilakukan dengan mudah. Cuma satu yang harus diinget kalau mau belanja online, pertama kita harus teliti sebelum membeli, jadi baiknya kita baca dulu review-review tentang produk itu. Satu hal lagi yang penting juga harus sabaaar, apalagi kalau beli barang import.

Banner Arr Rian's Giveaway
Banner Arr Rian’s Giveaway

Cerita ini diikutsertakan dalam Arr Rian’s Giveaway -Pengalaman Belanja Online-

Advertisements

4 thoughts on “Sekali Coba Bikin Ketagihan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s