tips dan trik

Watermarking PDF using PHP :O

Dari kemarin-kemarin pusing buat nyari watermark pdf akhirnya dapet sedikit pencerahan.. Jadi ceritanya itu aku dapet projek. Singkatnya projek itu tetang upload dan download dokumen, macam document management system gitu. Nah, salah satu fiturnya harus bisa ngasih notye/watermark di setiap file pdf yang diupload. Udah tuh bingung kan.. Mulai deh searching2 di embah gugel. Lamaaaaa dan ga dapet-dapet. #frustasi

Pas searching2 itu ternyata malah nemu banyak bgt sintaks buat ngasih watermark di image. Akhirnyaa daripada ga ada hasil, aku belajar yang watermark image dulu. Itung-itung pemanasan gitu. hehe.. Setelah cukup panas (kaya lagi masak aja), aku mulai lagi searching2 yg watermark di PDF. Mulai lagi ngeklik in link-link yang udah beberapa kali di klik. Sampe-sampe hampir semua link di mbah gugel yang ada hubungannya sama watermark PDF PHP udah aku klik semua. Udah nanya2 ke forum juga, cuma ga ada yg bales. Boro2 bales, view postinganku aja pada ga mau. Huhuhu #frustasi 2

Saking frustasinya, akhirnya aku memutuskan untuk istirahat dulu. Mumpung udah jam istirahat. Abis istirahat, mulai lagi deh berjuangnya. Aku buka lagi link-link di mbah gugel dengan keyword yang lain. Dan aku akhirnya nemu nih satu link.. Link inilah jawaban atas kegalauanku ini. Haha.. Mau? ini linknya 🙂 Di sini ada sintaks sama library yang bisa kita pakai yang nantinya memungkinkan kita ngasih note di PDF kita. Aku langsung deh ON FIRE, mulai mengotak atik dan mengkostumisasi (cieeeeh) sesuai dengan kebutuhan si emas userku. Tapi sekarang aku istirahat dulu lah. Seenggaknya udah nampil kata “hello world” di PDF akuh.. Hehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s