Catatan, Uncategorized

Penilaian

Sesuatu yang baik, tak perlu kita menyatakan bahwa itu baik. Begitu pula sesuatu yang buruk, tak perlu kita menyatakan bahwa itu buruk. Karena pada ujungnya, akan ada beberapa mata yang melihat dari sisi yang berbeda.

Dan kita, tidak bisa membuat orang untuk selalu merasa senang dengan kita, cocok dengan kita, dan menerima kita apa adanya. Ada beberapa orang yang akan menerima kita dengan apapun tingkah konyol kita. Namun pasti akan ada juga orang yang merasa tidak cocok dengan perilaku kita, menilai kita hanya dengan penilaian luar tanpa tahu apa yang sebenarnya ada dalam diri kita.

Sebagaimanapun penilaian orang, yang harus kita lakukan adalah bersikap lapang dada. Sejelek apapun itu, itu memang yang dia lihat dari kita. Bahkan ketika orang lain menilai sikapmu hanyalah buatan (palsu/tidak asli/rekayasa) maka tetap harus berlapang dada. Tak perlu mendebat, tak perlu menjelaskan karena penilaian tak akan berubah hanya karena kata-kata. Penilaian akan berubah hanya dengan tindakan.

Pada akhirnya, apapun peniaian orang, kita harus tetap “Be your self !”. Jangan jadikan penilaian itu menjadi alasan untukmu berubah dari dirimu yang sebenarnya. Jangan. Cukup jadikan penilaian itu sebagai bahan memperbaiki diri untuk lebih baik dari sebelum sebelumnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s