giveaway

Banyak Hal Bermakna dalam Hidupku

Hal yang bermakna berarti sesuatu hal yang mempunyai arti mendalam dalam hidup. Banyak hal yang bermakna dalam hidupku yang pertama adalah berkah hidup. Bagiku berkah hidup merupakan hal yang berarti dalam kehidupan. Satu hal yang harus kita punya agar bisa melakukan sesuatu yang lain adalah kehidupan. Dengan berkah kehidupan yang diberikan Alloh, kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan, melewati setiap momen yang juga sangat berharga bagi kita. Tentu banyak kenangan yang akan tersimpan di memori otak kita. Setiap kenangan itu adalah hasil kita menjalani kehidupan dan tentunya kenangan itu akan sangat berharga bagi kita. Seperti momen saat aku kecil, ketika aku pertama kali belajar berjalan juga momen-momen lain sampai sekarang. Yang perlu diingat, hidup mengajarkan kita untuk selalu bersyukur kepada Alloh.

Hal kedua yang bermakna dalam hidup adalah perjuangan. Perjuangan bagiku bukan hal yang mudah dilakukan. Di setiap perjuangan tentunya aku akan menghadapi tantangan yang berbeda dan kesemua tantangan itu harus berhasil aku kalahkan. Seperti saat pertama kali aku belajar berjalan dan merasakan susahnya menyeimbangkan tubuh agar tidak ‘oleng’. Tentunya teman-teman juga pernah merasakan susahnya belajar berjalan seperti yang aku rasakan. Beberapa kali aku jatuh, menangis, bahkan sampai lebam. Namun aku tetap berdiri lagi, menempelkan tangan ke dinding dan berlatih berjalan di dekat dinding untuk mendapatkan keseimbangan. Terus dan terus aku melakukan itu, lama kelamaan aku mulai bisa melepaskan tanganku dari dinding dan aku sudah bisa lebih seimbang. Namun tetap saja masih ada lagi tantangannya ketika aku harus berjalan melewati lantai yang turun. Tantangan baru yang berbeda. Namun akhirnya aku bisa menaklukan semuanya dan aku bisa berjalan bahkan berlari. Itu hanya contoh kecil. Setelah aku bisa berjalan tentu banyak lagi perjuangan yang harus aku lakukan sampai di usiaku sekarang ini. Perjuangan sangat berharga bagiku dan perjuangan mengajarkan banyak hal.

Kenapa aku harus berjuang? Jawabannya mudah, karena aku bukan raja maka untuk mendapatkan keinginanku aku harus berjuang. Apakah raja tidak perlu berjuang? Tentu saja perlu, bahkan raja juga harus berjuang untuk bisa berjalan bukan? Jadi semua orang di dunia ini pasti berjuang untuk satu tujuan yaitu untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Lantas bagaimana perasaan kita jika kita mendapatkan keinginan itu? Tentunya bahagia. Perjuangan akan membuat kita mendapatkan kenginan kita dan keinginan itu akan mendatangkan kebahagiaan bagi kita. Walaupun perjuangan terkadang tidak mengantarkan kita untuk mendapatkan keinginan kita namun perjuangan itu akan tetap mengantarkan kita untuk mendapatkan kebahagiaan karena tidak ada perjuangan yang sia-sia. Setiap perjuangan yang kita lakukan, Tuhan akan menggantinya dengan kebahagiaan dengan memberikan apa yang kita butuhkan.

Jika kita bahagia, maka akan ada orang lain yang akan bahagia. Terlebih jika kita bisa membuat kedua orang itu bahagia, itu adalah kebahagiaan terbesar dalam hidup kita. Bahkan bagi sebagian orang perjuangan yang mereka lakukan selama ini akan dipersembahkan untuk kedua orang tersebut. Bagiku juga demikian. Aku akan berjuang untuk membuat kedua orang terpenting dalam kehidupanku merasa bahagia. Ya, kedua orang itu adalah orang tua, hal ketiga yang berarti dalam hidup. Mereka adalah orang-orang  yang menerima kita apa adanya. Sekecil apapun yang kita berikan, mereka akan tetap bahagia. Kebahagiaan terbesar mereka karena memiliki kita dan kita wajib memberikan lebih kepada mereka. Hidup, perjuangan, kebahagian, dan orang tua. Semuanya merupakan hal yang bermakna dalam kehidupanku.

Intinya hal yang bermakna  dalam hidup ini adalah seberapa berartinya kita untuk orang lain. Seperti yang pernah aku dengar peribahasa Arab yang berbunyi “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Orang lain bisa saja orang tua, sahabat, saudara, tetangga, atau bahkan orang yang kita belum kenal namun kita bisa bermanfaat untuknya. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa berarti bagi orang lain, misalnya kepada orang tua kita bisa menjadi anak yang membanggakan untuk mereka. Kepada teman sekelas kita bisa membantu mereka mengerjakan tugas. Kepada orang lain yang membutuhkan bisa  dengan menyisihkan sedikit uang jajan untuk mereka. Jika kita bisa menjadi bermanfaat bagi orang lain maka hidup kita akan terasa lebih bermakna. Tapi kita juga tidak boleh lupa untuk menyeimbangkan antara kepentingan kita sendiri dan orang lain.

Itulah bagiku hal yang paling berharga dalam hidupku. ^^



Advertisements

10 thoughts on “Banyak Hal Bermakna dalam Hidupku”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s