serabi magang

TA ~ 3 Ga di PHP in ternyata

Setelah dari kemarin sibuk mengotak atik isi email yang berisi link notifikasi yang ga bisa ke kirim kalau di link itu aku taruh website URL nya http://registrasipolman.pusku.com/registrasi/ sedangkan pas aku ganti dengan http://registrasipolmanpusku.com/registrasi/ atau http://registrasipolman.pusku/registrasi/ bisa berjalan lancar. Udah dicari-cari kenapa bisa terjadi seperti itu, udah browsing kesana kesini tapi ga ada satupun yang bisa memberikan jawaban. Tapi tetep ga boleh patah semangat, harus mencoba berbagai  cara mulai dari mengirimkan pesan ke idhostinger buat nanyain ngaruh ga sih isi link ku sama DNS dia atau apapun dan si mas id hostinger pun menjawab kalau fungsi send mail di idhostinger baik-baik saja jadi dia memintaku buat ngecek scriptku lagi. Dalam hati “script saya sepertinya juga baik-baik saja mas”.  Selain itu juga browsing-browsing tentang fungsi mail () di PHP, mengirimkan email dengan format HTML di PHP, dan lain lain namun masih aja belum terpecahkan ini masalah. Akhirnya aku memutuskan untuk menanyakan langsung pada mas yang punya source tentang aktifasi email yang aku contoh ini. Aku udah sedikit cerita di postinganku sebelumnya.

Aku mengirimkan tiga pesan langsung kepadanya, pertama aku komen di blognya yang berisi penjelasan tentang cara membuat script aktifasi email menggunakan PHP. Kedua, aku kirim langsung ke emailnya, aku dapat alamat email dari profil blognya. Untung si masnya masang alamat email dia di profil, kalo ga bisa gawat. Nah setelah ngirim email ke masnya pake gmail kan otomatis nyambung tuh sama G+ jadi aku tambahkan mas itu sebagai kenalanku di G+ dan aku mengomentari postnya di G+ yang isinya bahwa aku telah mengirimkan email kepadanya. Keliatan ngebet banget ga sih? Semoga masnya maklum yah. Aku kirim email itu jam 3 sore sambil berharap segera mendapat balasan email dari masnya, dan ternyata sampai aku menutup laptop dan menjinjing tasku pulang tak satupun email dari masnya yang aku dapatkan. Frustasi.

Sampai di kosan. Setelah sholat magrib dan mengisi perut, aku segera membuka laptop tercintaku. Biasanya huruf pertama yang diketik setelah membuka mozilla adalah “f” sedangkan khusus malam ini bukan lagi huruf itu melainkan “g”. Masuk google dan membuka gmail (berharap banget dapet balasan email). Harus menunggu sedikit lama karena koneksi yang sedikit lemot. Akhirnya setelah berhasil masuk ke gmail, lihat kotak masuk, tetep aja ga ada email baru. Frustasi #2. Melihat kenyataan yang tidak menyenangkan akhirnya aku memutuskan untuk membuka beberapa tab baru dan menuliskan “f”, “t”, “k”, “a”, dan lain lain. Ga salah, tapi tetep masih ada satu tab “g” buat nyari contoh aktifasi email lainnya walaupun intensitas buka tab “g” malam ini ga seekstrim biasanya. Beberapa lama searching akhirnya aku memutuskan untuk menutup tab “g” itu, udah menthok, source lain yang aku dapat juga ga jauh beda sama yang dari mas itu.

Keesokan paginya #jreng jreng jreng..

Setibanya di kantor ( padahal sih gedungnya juga gedung kampusku, cuma naik beberapa lantai doang ),  seperti biasa aku langsung ambil laptop, mouse, tatakan mouse, headset, hape berlanjut ke acara tancap sana tancap ini. Colokin casan laptop, colokin mouse, colokin headset, dan terakhir colokin kabel LAN. Abis itu lanjut buka mozilla. Kali ini biar lebih afdol yang pertama di klik itu “g”. Masuk Google, udah masuk doang. Abis itu buka tab baru, ketik “y”. Liat berita-berita terbaru, baca-baca bentar eh tiba-tiba ada notifikasi di pojok kanan bawah layar laptop saya. Notifikasi email dari gmail. Semangat dong, kemudian tinggalin bentar tuh “y” beralih ke “g”, buka gmail dan ternyata, dapat email dari masnya. Oh my, seneng banget. Berharap dapet sedikit pencerahan. Ceria.

Ga sabar buka email masnya. Abis baca isi emailnya langsung deh semangat banget buat balas email dan itupun berlanjut aku dan masnya saling berbalas email. Cihuy. Setelah tukar menukar link aplikasi yang ada verifikasinya dan setelah menjelaskan panjang lebar kepada si masnya. Akhirnya sampailah kepada satu titik temu yang selama ini aku cari. Kata masnya, coba ubah settingan di gmail. Caranya buka gmail terus Setting -> Label -> Spam (tampilkan). Nah setelah menuruti apa kata masnya, ternyata alhamdulillah email aktifasinya berhasil masuk walaupun masuknya ke spam. Ceria #2.

Aku langsung kirim email ke masnya, bilang kalo email aktifasi udah berhasil terkirim, tapi ada satu permasalahan lagi yaitu link yang seharusnya bisa di klik ternyata tidak bisa. Kata masnya, link itu tidak bisa di klik karena secara otomatis udah dimatiin oleh google. Sama kasusnya kaya email yang tadi masuk ke spam. Soalnya gmail mendeteksi bahwa pengirim email itu belum terpercaya dan bisa saja berbahaya kalau kita membuka emailnya. Sama juga kalo misalnya kita masukin alamat url ke facebook atau yang lainnya, biasanya untuk alamat url  tertentu atau alamat url yang berasal dari hostingan gratis bisa terdeteksi sebagai bahaya, jadi ga bisa di posting. Lain ceritanya kalo kita masukin url dari website yang udah kita hosting di hostingan berbayar, pasti bisa karena udah terpercaya. Oh.. Jadi gitu mas. Oke terima kasih mas atas pencerahannya. Setelah menerima pencerahan dari masnya, sedikit basa basi sebagai ucapan terima kasih akhirnya acara balas membalas email pun berakhir.

Akhir kata “Terima kasih masnya, Anda sangat membantu. Ilmu yang sungguh bermanfaat, terutama bagi saya.”

Berikut saya sertakan gambar aktifasi email yang ada di spam gmail saya :

tes1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s